Pages

Minggu, 12 Februari 2017

Perbedaan British dan American Letter

Didalam penulisan surat dalam bahasa inggris perlu kita ketahui style yang digunakan apakah itu british style atau american style. Di dalam kedua style tersebut yang berbeda adalah dalam penullisan tanggal,salam pembuka,dan salam penutup.
1. BRITISH STYLE
  • Dalam brutish style penulisan tanggal yaitu sebagai berikut 19 oktober 2005 (day-month-year).
  • Dan dalam salam pembuka/salutation yaitu Dear Mr./MS. Smith, dear sir or madam,dear sirs,. Yang perlu kita ingat dalam brutish style setelah salam pembuka diahiri denan koma.
  • Kalo di dalam salam penutup untuk british style gunakan kata-kata berikut sincerely,yours sincerely, dan yours faithfully.
  • Dear sirs, Jika nama penerima surat dicantumkan pada salam pembuka maka digunakan “Sincerely”
  • Jika nama penerima surat tidak dicantumkan pada salam pembuka maka digunakan “Faithfully”
  •  Jika pada salam pembuka diakhir baris terdapat tanda baca koma (,) maka diakhir baris pada salam penutup juga di cantumkan tanda baca koma (,). Contoh : Dear Mr Evan, (Salam Pembuka) maka Yours sincerely, / Sincerely yours, (Salam Penutup).
Contoh :


PT SUMBER TEKNIK

Jl. Otto Iskandar 268

Bandung 40421

Ref. HW/RA                                                                                                   6 Oktober 2010

Multi Trading Co.

144 Jl. Gajahmada

Jakarta utara 1120
2. AMERICAN STYLE
  • Dalam american style penulisan tanggal yaitu sebagai berikut  oktober 19, 2005 ( month-day-year).
  • Dan dalam salam pembuka/salutation yaitu Dear Mr./MS. Smith:, dear sir or madam:,dear sirs:,. Yang perlu kita ingat dalam american style setelah salam pembuka diahiri dengan colon (: )
  • Kalo di dalam salam penutup untuk british style gunakan kata-kata berikut sincerely,yours sincerely, dan yours trully.
  • Nama penerima surat pada salam pembuka dicantumkan atau tidak maka digunakan “Sincerely”.
Contoh:

PT SUMBER TEKNIK

Jl. Otto Iskandar 268

Bandung 40421

Ref. HW/RA                                                                                                   Oktober 6, 2010

Multi Trading Co.

144 Jl. Gajahmada

Jakarta utara 1120

Dear mr. Smith :

  •           Letter Head (kepala surat)
Suatu tulisan yang terdapat diatas selembar kertas surat, biasanya disebut sebagai kop surat. Kop surat biasanya terdiri dari nama dan alamat, dan logo dan biasanya berisikan informasi alamat dari pengirim surat tersebut.
  •             Date
Suatu tulisan yang berisikan informasi tentang tanggal, bulan, tahun dari pembuatan surat tersebut. Ada perbedaan dalam penulisan date antara British style dan American style, jika British style menuliskan date dimulai dari tanggal, bulan, kemudian tahun. Dan letak dari date tersebut berada di pojok kiri atas. (08 oktober 2011). Sedangkan American style menuliskan date dimulai dari bulan, tanggal, kemudian tahun. Dan letak dari date tersebut berada di pojok kiri atas juga. (Oktober 08,2011)
  

  •           Inside Address
Suatu alamat dimana kita akan mengirimkan surat kepadanya. Buatlah dengan selengkap mungkin. Termasuk judul, nama, dan informasi jika pengirim mengetahui tentang si penerima. Dalam penulisan inside address terdapat perbedaan antara American style dan British style. Jika American style menuliskan inside address tepat di bawah tanggal. Sedangkan British style menuliskan inside address sebaris dengan tanggal, jadi inside address berada dikiri sedangkan tanggal berada dikanan.
  •            Salutation
Ucapan yang digunakan dalam surat atau komunikasi tertulis lainnya, Salam tersebut dapat ditulis secara formal atau informal. Bentuk paling umum dari salam tersebut adalah Dear kemudian diikuti oleh nama penerima jika kita mengetahui nama sipenerima surat.
Jika kita tidak mengetahui sipenerima surat maka kita bias menggunakan kata yang lain seperti :
Untuk penulisan tanda baca :

  •                Body Of Letter
Bagian antara ucapan dan penutupan. Yang berisi pesan atau "meat" dari surat itu. Biasanya pada paragraf pertama berisikan tentang ramah-tamah yang membuat perhatian sipembaca terfokus untuk paragraf selanjutnya, serta alasan dari penulisan surat, pada paragraf selanjutnya dijabarkanlah informasi penting secara keseluruhan dan panjang lebar dari penulisan surat. Paragraf penutup biasanya menjelaskan tentang tujuan dari pembuatan surat, serta meminta kepada pembaca untuk menindaklanjutinya (membalas surat).
  •                 Signature (dari bahasa Latin: signare, "untuk tanda")
Penggambaran tulisan tangan nama seseorang, nama panggilan, atau bahkan symbol sederhana tentang seseorang yang menulis pada dokumen sebagai bukti identitas penulis. Dengan tanda tangan sipenerima surat dapat mengidentifikasi dengan mudah siapa penciptanya.
  •           Type Name
Berisikan nama dari seseorang yang menandatangani surat tersebut, dan terletak persis dibawah tanda tangannya.

0 komentar:

Posting Komentar