Pages

Selasa, 30 Mei 2017

Tugas 3 - Prinsip Design Interface pada Adobe After Effect CS6

Prinsip Design Interface pada Adobe After Effect CS6

Bidang ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Pengertian Interaksi adalah komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer.
Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan. Interaksi Manusia dan Komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
Hasil gambar untuk after effect
Gambar 1. Tampilan Awal After Effect
Adobe After Effects adalah produk peranti lunak yang dikembangkan oleh Adobe, digunakan untuk film dan pos produksi pada video. Pada awalnya merupakan sebuah software produk dari Macromedia yang sekarang sudah menjadi salah satu produk Adobe.
Adobe After Effects adalah sebuah software yang sangat profesional untuk kebutuhan Motion Graphic Design. Dengan perpaduan dari bermacam-macam software Design yang telah ada, Adobe After Effects menjadi salah satu software Design yang handal. Standart Effects yang mencapai sekitar 50 macam lebih, yang sangat bisa untuk mengubah dan menganimasikan objek. Disamping itu, membuat animasi dengan Adobe After Effects, juga bisa dilakukan dengan hanya mengetikkan beberapa kode script yang biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis.
Setelah membuka aplikasi Adobe After Effect, pada sisi kiri & atas telah tersedia bebearapa menu pilihan, yaitu menu Tools Panel, Toolbar & Tools Panel tambahan. Toolbar ini berfungsi sebagai tempat alat-alat untuk memberi kemudahan bagi kita dalam mengedit video. Anda bisa mengklik pada segitiga kecil untuk mengeluarkan fitur tersembunyi yang lain. Bebearapa format file gambar, video dan audio yang didukung pada Adobe After Effect diantaranya AI, PDF, PSD, BMP, TIFF, GIF, JPG, IFF, AAC, ASND, AU, AIFF, MP3, MPEG, WAV, 3GP, FLV, MP4, dan masih banyak yang lainya.
Prinsip Design Interface
WYSIWYG ( What You See Is What You Get)
Tampilan yang dibuat pada aplikasi Adobe After Effect bisa dibilang user friendly. Semua jenis Video bisa kita edit untuk keperluan Multimedia. Selain itu fungsionalitas tool - tool atau alat – alat pembantu aplikasi, dapat berjalan sesuai tujuan yang diharapkan.
Flexibility
Aplikasi Adobe After Effect sudah cukup fleksibel, diantaranya beberapa tools yang dipakai sudah terintegrasi dengan tombol - tombol keyboard yang bisa kita kenal dengan tombol shortcut, jadi semua jenis pekerjaan yang menggunakan Adobe After Effect akan semakin cepat.
Responsiveness
Aplikasi sudah responsiv kerena setiap pengguna melakukan suatu kegiatan pada aplikasi, aplikasi menampilkan responnya. Responnya berupa proses perubah format file ketika di klik mulai maka aplikasi akan mengkonversi file sampai selesai.
Invisible Technology
Pengguna tidak penting mengetahui algoritma apa yang digunakan. Pengguna hanya menjalankan aplikasi dan tidak mengetahui algoritma yang terjadi pada aplikasi. Seperti proses seleksi gambar atau video yang ingin kita edit.
Robustness
Sistem aplikasi Adobe After Effect sudah dapat dikatakan sebagai aplikasi multimedia tingkat atas, karena dari semua tools yang ada sudah tersusun dengan rapih dengan ditambahkannya bermacam macam efek yang tersedia di dalam aplikasi tersebut.
Ease of Learning
Aplikasi ini bisa dibilang sulit untuk kelas pemula, karena semua tulisan/ kalimat menggunakan bahasa inggris dan tata cara mengedit sebuah video membutuhkan waktu yang tidak sedikit.
Ease of use
Aplikasi sedikit mudah digunakan, karena disertai dengan tool-tool atau alat-alat bantuan, yang dapat membantu pengguna untuk menggunakan apikasi Adobe After Effect dengan baik dan benar. Aplikasi juga menyediakan tutorial tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi ini. Disamping itu, Aplikasi ini butuh spesifikasi PC/Laptop yang memang khusus di bidang Multimedia.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.ilmugrafis.com/after-effect.php?page=penjelasan-fungsi-tools-panel-di-after-effect
https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_After_Effects
https://www.academia.edu/4904025/INTERAKSI_MANUSIA_DAN_KOMPUTER

0 komentar:

Posting Komentar